Sunday, April 5, 2020

Persiapan Hari Raya Idul Fitri dan Ramadhan. Ini Pernyataan Lengkap Jokowi.


Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas soal Persiapan Hari Raya Idul Fitri dan Ramadhan. Dalam ratas, Jokowi meminta jajarannya memperhatikan ketersediaan bahan pokok.

"Ada beberapa hal yang perlu dapatkan perhatian kita bersama. Yang pertama, ini betul dicek di lapangan, ketersediaan bahan-bahan pokok," kata Jokowi dalam video yang disiarkan Sekretariat Presiden, Kamis (2/4/2020).

Dalam ratas itu, Jokowi juga bercerita adanya keluhan dari dua kepala daerah soal distribusi logistik yang terganggu karena akses jalan yang diblokir. Dia pun meminta Mendagri Tito Karnavian turun tangan.

"Ini saya harapkan Mendagri juga memberikan teguran kepada daerah-daerah yang memblokir jalan-jalannya agar urusan distribusi logistik ini tidak terganggu.

Karena saya kemarin mendapatkan laporan dari 2 daerah, urusan beras ini agak terganggu karena jalan-jalan yang ditutup, jadi tolong kepala daerah diberitahu mengenai ini," tuturnya.

Berikut pernyataan Presiden Jokowi.
Ini melanjutkan ratas tadi, yaitu persiapan mengenai Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1441 H.

Persiapan seperti ini sudah rutin kita lakukan, tetapi bulan Ramadan pada saat ini memang berada dalam konteks yang berbeda dari yang sebelumnya karena kita menghadapi tantangan COVID-19.

Ada beberapa hal yang perlu dapatkan perhatian kita bersama, yang pertama ini betul dicek di lapangan, ketersediaan bahan-bahan pokok. Saya juga cek juga ke pulau, saya cek ke daerah-daerah mengenai panen raya seperti apa saya melihat beras, daging, telur, gula dan lain sebagainya masih berada pada kondisi baik. Sehingga mungkin gula tadi Mentan sudah menyampaikan bahwa minggu-minggu depan harga akan turun pada kondisi normal lagi, Rp 12.500, dan Mendag juga akan menyampaikan kepada saya bahwa gula sudah beberapa sudah masuk, dan kita harapkan bawang putih pada minggu-minggu depan atau syukur Minggu ini sudah kembali dan normal di harga Rp 20 ribu sampai Rp 30 ribu.

Kemudian kita harus memastikan semuanya distribusi logistik ini lancar. Kebutuhan pokok tersedia di pasar-pasar. Ini saya harapkan Mendagri juga memberikan teguran kepada daerah-daerah yang memblokir jalan-jalannya agar urusan distribusi logistik ini tidak terganggu. Karena saya kemarin mendapatkan laporan dari 2 daerah, urusan beras ini agak terganggu karena jalan-jalan yang ditutup, jadi tolong kepala daerah diberitahu mengenai ini

Yang kedua yang berkaitan dengan paket perlindungan sosial dan jaminan sosial kepada masyarakat kita yang berada di lapisan bawah tadi juga sudah saya perintahkan tadi agar segera dieksekusi dan langsung dibagikan ke lapangan, baik itu yang berkaitan dengan PKH dengan sembako, lewat kartu sembako kartu pra kerja yg berkaitan dengan pembebasan biaya listrik untuk pelanggan 450 VA dan 50 persen untuk 900 VA kalau ini segera bisa di lapangan tereksekusi akan baik untuk masyarakat kita.

Yang ketiga pelibatan tokoh-tokoh agama tokoh ormas untuk memberikan pendidikan mengedukasi masyarakat dalam mensosialisasikan disiplin penerapan jaga jarak aman itu betul-betul bisa dikerjakan. Mengenai pentingnya cuci tangan, perlu disampaikan, mengenai mengurangi mobilitas keluar rumah perlu disampaikan kedisiplinan memakai masker perlu disampaikan dan penerapan PSBB perlu terus disampaikan dalam rangka kita menjalankan protokol kesehatan secara ketat baik di rumah maupun di luar rumah secara disiplin.

Pesan Bolu Jadul Klik Sini

Baca : Cara mendapatkan keringan Cicilan BRI

Sumber :
https://m.detik.com/news/berita/d-4962225/pernyataan-lengkap-jokowi-soal-persiapan-hari-raya-idul-fitri-dan-ramadhan/1

No comments:

Post a Comment

close
close